Pandemi Tak Surutkan Mr Sonjaya Berkarya

0
59
Mr Sonjaya
Interview Vokalis Mr Sonjaya bersama Noisegarage (foto Noisegarage)

NOISEGARAGE.id: Pandemi yang berkepanjangan sangat berdampak di semua bidang, mulai dari perdagangan, usaha bahkan kegiatan musik. Termasuk di Kota Bandung, banyak musisi yang terpaksa menghentikan kegiatannya, bahkan mengurungkan jadwal manggungnya.

Kendati begitu, tidak sedikit musisi yang justru lebih produktif berkarya di tengah pandemi. Sepertihalnya band Mr Sonjaya yang tetap eksis berkarya meski hanya di dunia maya.

Vokalis Mr Sonjaya Dimas Dinar Wijaksana mengaku sempat kaget dengan kondisi yang tidak biasa dan terjadi tiba-tiba. Namun, kata dia, semua harus dihadapi dengan kepala dingin dan senyuman. Alhasil, dirinya merespon imbauan Work From Home (WFH) dengan tetap berkarya di rumah.

BACA JUGA: Band Thursday Evening Terus Melejut dengan Karyanya yang Manis

“Jelas kaget, karena biasa dipadati jadwal manggung, kini tidak ada lagi dan harus di rumah. Hikmahnya justru kita jadi banyak menghasilkan karya dan lebih fokus,” kata Dimas di Bandung.

Dia mengaku semakin terpacu secara imajinasi, karena panggung tidak ada, main band secara virtual pun kurang maksimal. Masing-masing personel pun berusaha produktif berkarya, bahkan memiliki kegiatan baru seperti bertani dan lainnya yang terhindar dari kerumunan.

“Kalau sewaktu-waktu ada kerinduan berkarya, kita bisa membuat masing-masing dan hasilnya dikirim lewat WhatsApp grup. Hasilnya lebih bagus, karena masing-masing terfokus. Saya pikir kita jadi banyak tabungan karya, yang suatu saat (kondisi normal) kita bisa keluarkan,” kata dia.

Menurut dia, di situasi seperti saat ini, semua personel dituntut mampu memanfaatkan teknologi digital untuk tetap berkarya dan memikirkan karya bisa diperdengarkan ke khalayak. Misalnya bisa lewat youtube dan lainnya yang tidak memerlukan aktivitas di luar rumah.

“Band hari ini harus mulai akrab dengan dunia digital agar bisa tetap eksis meski dalam situasi pandemi. Kalau hanya mengandalkan off air, akan repot jika situasinya seperti ini,” kata Dimas. 

Untuk diketahui, Mr. Sonjaya adalah band asal Kota Bandung yang sudah bermain musik sejak 2008. Saat ini mereka terdiri dari Dimas Dinar Wijaksana (Vokal), Ridha Kurnia Waluya (Gitar, Glockenspeil, Pianika), Yaya Risbaya (Drum, Perkusi), Berland Maulana (Keyboard) dan Andriana (Bass).

Cita-cita utama mereka adalah ingin menyapa dan berbagi cinta dengan banyak orang di berbagai belahan dunia lewat musik dan karya yang mereka buat.

(NGF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here